Minggu, 18 Januari 2009

YUK, BELAJAR DARI MASA LALU KITA UNTUK MASA DEPAN !!!

Salam SIP & TOP !!!

Sahabat yang SMART,

Proses belajar diharapkan akan mendorong lahirnya sebuah kesadaran diri serta komitmen perubahan diri menjadi pribadi yang baru yang lebih baik lagi. Dimana proses belajar yang dilakukan memenuhi kriteria :

  1. Proses yang terus menerus
  2. Bersifat terbuka terhadap masukan, pendapat dan ide baru
  3. Mencari solusi yang terbaik
  4. Mempunyai collaboration mindset
  5. Mau belajar dari kesalahan di masa lalu
  6. Siap menghadapi resiko
  7. Mempunyai daya respon yang cukup besar
  8. Mempunyai visi yang kuat

Berharap masa depan yang lebih baik, maka lakukan evaluasi terhadap apa yang pernah dilakukan di masa lalu dan rencanakan apa saja yang akan kamu lakukan di masa depan agar kehidupan barumu memang lebih baik.

Jadikan lembaran kehidupan masa silam kita sebagai dokumentasi (data, fakta & pengalaman) yang amat berharga bagi kita untuk menjadi landasan kita melakukan proses pembelajaran (learning process) , sehingga kita mampu merenungi :

  1. Apa saja pengalaman dan prestasi positif yang pernah kita lakukan yang mesti dipertahankan dan terus kita lanjutkan untuk dipelihara bahkan bila mungkin bisa ditingkatkan lagi di masa yang akan datang
  2. Kegagalan yang mungkin pernah kita alami selama hidup dan kehidupan kita di masa lampau serta mencoba berusaha dengan sekuat tenaga untuk menghindari segala penyebab terjadinya kegagalan sehingga tidak sampai terulang kembali di masa dating
  3. Kekeliruan dan kesalahan yang pernah kita perbuat di masa lalu untuk dihindari, termasuk kebiasaan, sifat dan karakter negatif yang pernah singgah melekat dalam diri kita.

Kehidupan hakiki, petualangan hidup untuk perbaikan diri tiada mengenal akhir. Demi masa, sesungguhnya manusia dalam kerugian kecuali orang-orang yang beriman dan beramal sholeh, saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. Ingat 5 perkara sebelum 5 perkara :

  1. Sehat sebelum sakit
  2. Muda sebelum tua
  3. Kaya sebelum miskin
  4. Lapang sebelum sempit
  5. Hidup sebelum mati

Oleh karenanya, selagi sehat, selagi muda, selagi kaya, selagi lapang, selagi masih hidup dan selagi masih ada kesempatan, lakukan perubahan diri, berbuat yang terbaik, "Today have to be Better than Yesterday !" . Bagaimana dengan hari esok maupun lusa ?

Kini, saatnya telah tiba bagi kita untuk membuat target perubahan bagi diri kita masing-masing untuk masa depan yang lebih baik. "How do you think about your future ?" jawabannya adalah "Your future will happen 'cos your mind right now" .

Maka dari itu, mari jadikan masa depan kita lebih baik daripada masa lalu dengan sejak awal melakukan perencanaan diri, dan bekerja keras untuk mencapainya, "If you fail to plan, you plan to fail".

Limpad Hadi Pratama | SMART MOTIVATOR
e-mail : mrlim_trainer@yahoo.co.id | http://www.mrlimoke.blogspot.com

Tidak ada komentar: